Jumat, 16 Oktober 2009

Kursus Pendidik PAUD, awal dari membangun SDM yang handal


Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pelayanan yang ditujukan kepada anak-anak sejak usia dini yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan dasar dan kehidupan tahap berikutnya.  Oleh karena itu masa kanak-kanak merupakan masa yang sangat penting, para ahli menyebutkan masa ini sebagai masa keemasan (golden age). Secara alamiah perkembangan anak satu dengan lainnya berbeda-beda baik kemampuan intelegensi, bakat, minat, kreativitas, kematangan emosi dan kepribadiannya, karena adanya perbedaan bawaan, lingkungan dan pendidikan. Kemampuan dasar anak perlu disiapkan sejak dini, jauh sebelum anak mengenal dunia persekolahan.
Maka peranan tenaga pendidik PAUD sangat dominan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal terutama dimasa anak berusia dini yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Tenaga pendidikn merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran. Karena itu tenaga pendidik harus memiliki kemampuan mendidik agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini.
Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (BPPNFI) Regional 1 mempunyai tugas membuat pedoman/model pengembangan pembelajaran atau pun model penyelenggaraan. Kemudian model-model ini diujicobakan. Salah satunya adalah model kursus tenaga pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).  Sasaran di model ini adalah masyarakat yang memiliki kemampuan dan bakat untuk menjadi Pendidik PAUD.
Model ini diujicobakan kepada masyarakat + 30 orang yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh penyelenggara dengan melalui kursus yang diajarkan oleh tenaga-tenaga fasilitator yang telah berkompetensi di PAUD. Program yang disusun berdasarkan tahap tumbuh kembang anak dan kompetensi profesionalisme Pendidik PAUD antara lain, filosofi dan prinsip PUAD; perkembangan anak usia dini; metode bermain dan belajar; media pembelajaran anak usia dini; kurikulum anak usia dini/perancanganpembelajaran anak usia dini; pembelajaran BCCT; teknik evaluasi pembelajaran bagi anak usia dini; teknik komunikasi anak usiadini; olehraga anak usia dini; gerak dan lagu; managemen penyelenggaraan PAUD; dan micro teaching.
Untuk memberikan pengalaman dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik PAUD, seluruh peserta didik yang mengikuti kursus ini dimagangkan pada lembaga-lembaga penyelenggara PAUD yang menjadi mitra penyelenggara kursus pendidik paud. Kegiatan magang ini dilaksanakan agar calon–calon pendidik PAUD dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti kegiatan kursus tersebut.

Tidak ada komentar: