Maka peranan tenaga pendidik PAUD sangat dominan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal terutama dimasa anak berusia dini yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Tenaga pendidikn merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran. Karena itu tenaga pendidik harus memiliki kemampuan mendidik agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini.
Model ini diujicobakan kepada masyarakat + 30 orang yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh penyelenggara dengan melalui kursus yang diajarkan oleh tenaga-tenaga fasilitator yang telah berkompetensi di PAUD. Program yang disusun berdasarkan tahap tumbuh kembang anak dan kompetensi profesionalisme Pendidik PAUD antara lain, filosofi dan prinsip PUAD; perkembangan anak usia dini; metode bermain dan belajar; media pembelajaran anak usia dini; kurikulum anak usia dini/perancanganpembelajaran anak usia dini; pembelajaran BCCT; teknik evaluasi pembelajaran bagi anak usia dini; teknik komunikasi anak usiadini; olehraga anak usia dini; gerak dan lagu; managemen penyelenggaraan PAUD; dan micro teaching.
Untuk memberikan pengalaman dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik PAUD, seluruh peserta didik yang mengikuti kursus ini dimagangkan pada lembaga-lembaga penyelenggara PAUD yang menjadi mitra penyelenggara kursus pendidik paud. Kegiatan magang ini dilaksanakan agar calon–calon pendidik PAUD dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti kegiatan kursus tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar